Ingin membuat konten YouTube untuk bisnis Anda? Tapi, bingung ide konten YouTube apa yang menarik? Wah, Anda berkunjung ke artikel yang tepat nih! Membuat konten YouTube untuk bisnis jangan asal bikin. Kalau konsepnya tidak sesuai target audiens, bisa-bisa channel YouTube Anda bakal sepi. Apalagi ternyata kebanyakan usia pengguna YouTube adalah milenial.
Makanya, ide kontennya perlu Anda pikirkan matang-matang agar menarik. Nah, di artikel ini, kami akan memberikan ide konten YouTube apa saja yang menarik untuk memikat calon pelanggan Anda. Namun sebelumnya, buat Anda yang pemula, kami akan membagikan tips membuat konten YouTube terlebih dahulu. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!
Ide Konten YouTube yang Menarik untuk Bisnis Anda
Setelah mengetahui cara Membuat Konten Yang Menarik, waktunya mencoba ide konten YouTube ini untuk bisa memikat calon pelanggan.
1. Tutorial
Hampir semua orang tentu pernah mencari video tutorial di YouTube. Baik tutorial make-up, memasak, install aplikasi, dan masih banyak lagi. Itulah sebabnya, ide bisa Anda jadikan konten YouTube.
Selain dapat mengedukasi audiens, video tutorial dapat menunjukkan bahwa Anda memang expert di bidang tertentu. Pada akhirnya, kredibilitas bisnis Anda akan semakin diakui. Ibaratnya, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlewati.
2. Ulasan Produk
Di luar sana, tentu ada banyak orang yang memikirkan hal serupa ketika ingin membeli produk. Make-up, misalnya. Nah, untuk menemukan jawabannya, mereka pun mencari ulasan produk tersebut sebelum melakukan pembelian.
Kenyataannya, memang 73 persen orang akan mencari review secara online dan 41 persen diantaranya menontonnya di YouTube. Artinya, potensi ide ini mendatangkan viewer cukup besar.
Salah satu contohnya adalah channel The Body Shop Indonesia yang menampilkan review produk dari banyak beauty influencer.
Nah, video ulasan produk bisa dijadikan ide konten YouTube yang menarik. Sebab, semua kelebihan dan manfaat produk akan langsung dibahas oleh reviewer. Misalnya, terbuat dari bahan alami, mudah dibersihkan dan lainnya. Dijamin, audiens akan merasa lebih yakin untuk membeli produk tersebut.
3. Kolaborasi
Dalam dunia bisnis, kerjasama adalah hal lumrah. Nah, kalau dalam membuat konten YouTube, Anda bisa melakukan kolaborasi. Sudah banyak channel YouTube yang melakukan hal ini agar bisa menarik perhatian dari audiens partner kolaborasinya.
4. Wawancara dengan Expert
Ide konten YouTube lain yang bisa Anda coba adalah sesi wawancara dengan expert. Pastikan memilih expert yang relevan dengan bisnis Anda agar bisa mendatangkan banyak viewers.
Kenapa demikian? Pertama, seorang expert dapat membantu meyakinkan audiens bahwa Anda berpengalaman di bidang bisnis Anda. Kedua, sesi dengan expert sering menjadi ajang berkonsultasi langsung atau mendapatkan tips dari para mereka.
5. Sharing Tips dan Pengetahuan
Konten sharing tips dan pengetahuan ini mirip dengan ide konten YouTube sebelumnya. Bedanya, di konten ini, bisnis Anda lah yang berbicara sebagai expert.
Di konten inilah Anda berkesempatan menampilkan keunggulan-keunggulan dari produk Anda. Misalnya, video tips perawatan wajah.